Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Khitanan Massal TPA Darul Muhibbin Tapen Pagersari Mungkid

Create By 11 July 2018 7 Views
IMG

TPA Darul Muhibbin yang berlokasi di Dusun Tapen Pongangan Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang menyelenggarakan acara Khitanan Massal bagi santri dan warga sekitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Minggu Tanggal 8 Juli 2018.

Kepala Desa Pagersari Sri Mulyanto dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Panitia Khitanan massal dari TPA Darul Muhibbin yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan tersebut. Beliau berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu. 

"Kegiatan  ini sejalan dengan program Pemerintah Desa Pagersari, TPA juga membantu Pemerintah Desa dalam pembinaan remaja khususnya dalam bidang Agama, tandasnya

 Ketua Panitia yang juga Pengasuh TPA Darul Muhibbin Muh Humam melaporkan bahwa Kegiatan ini diikuti oleh 12 anak yang merupakan santri dari TPA Darul Muhibbin dan ada juga anak dari Dusun lain di Desa Pagersari.  Beliau juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain untuk mengisi liburan santri yang masih duduk di jenjang Sekolah Dasar juga untuk membantu santri yang kurang mampu untuk berkhitan. 

"Untuk Tim Medis kami bekerja sama dengan Puskesmas Mungkid dan menggunakan metode sunat laser sehingga mengurangi resiko pendarahan dan masa penyembuhan yang lebih cepat" jelasnya.

Selain itu Pihak Panitia mengucapakan banyak terima kasih kepada Donatur yaitu Bapak Budi Rahardjo dan Ibu Lestari yang telah banyak memberikan bantuan untuk penyelenggaraan khitanan Massal, juga kepada Pihak Pemerintah Desa Pagersari yang telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam penyelenggaraan khitanan massal termasuk peminjaman mobil siaga kesehatan desa. 

 Bapak Agus, salah satu orang tua peserta mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Menurut pria yang bekerja serabutan ini ia sangat terbantu dengan kegiatan ini. "Ini rejeki juga, selain dapat sunat gratis juga mendapat uang saku untuk anak "ujar bapak lima anak ini.

Kegiatan ini terlihat semarak karena panitia juga mengadakan pawai arak arakan santri dan santriwati TPA Darul Muhibbin dan dimeriahkan dengan penampilan Drum band Sorbanmu dari PAC Ansor Kecamatan Mungkid. 

Pujiyanto, atau biasa disapa Gus Itonk, salah satu panitia menuturkan, "kami memang meminta Grup Drum Band Sorbanmu dari PAC Ansor Kecamatan Mungkid untuk ikut memeriahkan acara ini dengan pawai dimulai dari lapangan Balai Desa Pagersari dan finish di Lokasi acara di Dusun Pongangan. Pawai selain diikuti Santri TPA juga diikuti konvoi sepeda hias. Ini merupakan salah satu syiar dakwah kami".

Selain itu tiap tahun kami juga mengadakan khataman santri TPA dengan acara pengajian, imbuhnya. Beliau berharap, program-program tersebut dapat terus berjalan setiap tahunnya. Karena pastinya, melalui kegiatan tersebut bisa membantu meringankan beban warga kurang mampu. “Tentunya yang kita sasar adalah yang berasal dari ekonomi menengah kebawah” imbuhnya. (ep)