Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Sosialisasi Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa Pagersari

Create By 23 December 2020 16 Views
IMG

Pemerintah Desa Pagersari bekerja sama dengan Dinas Sosial PPKB PPPA Kab. Magelang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti terbitnya SK Kementrian Sosial tentang Daftar Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) per Bulan Oktober 2020. DTKS tersebut hasil verval ditahun 2020.

Berdasarkan DTKS terbaru ada sejumlah 452 Keluarga yang masuk dalam DTKS, berubah dari jumlah DTKS di tahun 2019 sebanyak 462 KK. Masih adanya data ganda dan keluarga yang berubah kondisi kesejahteraannya ditahun 2020 DTKS SK Oktober ini masih perlu untuk disempurnakan,

Dalam kesempatan ini Bu Anik Indaryati, dari Dinas Sosial PPKB PPPA Kab Magelang menyampaikan bahwa DTKS harus dinamis sesuai kondisi nyata dilapangan. Karenanya Tim Penanggulangan Desa dan Dusun harus benar benar melaksanakan tugas untuk menjamin kevalidan data DTKS. Apalagi sekarang desa sudah diberi Aplikasi SIKS NG, Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial yang merupakan aplikasi data kesejahteraan sosial. dengan desa menjadi operator maka desa mempunyai kesempatan untuk melakukan input data sesuai kondisi sebenarnya sehingga DTKS yang dihasilkan benar benar valid.

Prosedur yang harus dilaksanakan setelah Bimmbingan Teknis ini adalah TPK menyusun Prelist awal berdasar DTKS lalu dilanjutkan dengan Musdes/musdus untuk menentukan prelist akhir. setelah ada prelist akhir dilakukan kunjungan ke rumah tangga untuk mendapatkan data yang akan diolah dan diinput dalam SIKS NG, setelah selesai data dilaporkan ke PUSDATIN KEMENSOS. Paling lambat data verval dtks ini harus sudah sampai di Pusdatin Kemensos di Bulan April 2021. 

Untuk menjamin kevalidan diharapkan Petugas Verval benar benar melaksanakan kunjungan ke rumah tangga dan mengisi formulir verval sesuai kondisi sebenarnya. Sehingga data DTKS akan benar valid, karena berdasar data DTKS ini Pemerintah mengambil kebijakan mengenai program Bansos, Baik Bansos reguler, PKH, BPNT, KIS, KIP dan Bantuan perumahan dan lain lain. Muara akhir program Penanganan Fakir miskin yang dilakukan Pemerintah akan benar tepat sasaran dan memberikan kontribusi dalam program pengentasan kemiskinan masyarakat. (ep)