Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

AYO DONORKAN DARAHMU

Create By 13 December 2019 5 Views
IMG

Relawan Pagersari "RANGER" bekerja sama dengan PMI Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan bhakti sosial Donor Darah bagi seluruh masyarakat yang mau mendonorkan darahnya.

Kegiatan direncanakan dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 14 Desember 2019. bertempat di Balai Desa Pagersari.

Dalam kegiatan yang didukung Satlinmas Desa Pagersari dan Karang Taruna Desa Pagersari terbuka untuk umum, baik warga Desa Maupun bagi masyarakat Umum. Bagi masyarakat yang berkenan memdonorkan darahnya bisa hadir di BAlai Desa Pagersari dan akan dilayani tim dari PMI Kab Magelang.

Ketua Ranger, Mbah Muh Epapo mengharapkan Aksi Bhakti Sosial ini bisa terlaksana dengan baik, dan berharap rekan rekan anggota Relawan, Satlinmas dan adik adik karang taruna Desa Pagersari bisa memberikan contoh untuk aksi nyata mendonorkan darahnya. Setetes darah kita bisa menolong sesama manusia yang membutuhkan.

Banyak manfaat dari donor darah yang rutin dilaksanakan antara lain :

1. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

2.Menurunkan resiko terkena kanker

3. Membantu menurunkan berat badan

4. Setiap kali akan mendonorkan darah, Anda akan menjalani pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin

5. Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

6. Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali.

7. menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma. 

Jadi, kapan Anda mau mulai transfusi darah agar dapat merasakan manfaat donor darah seperti yang sudah disebutkan di atas? (ep)