Jelajah
IMG-LOGO
Kegiatan Desa

Restrukturisasi Pengurus GAPOKTAN Desa Pagersari

Create By Eva Dwi Haryadi 12 August 2022 Views
IMG

Pemerintah Desa Pagersari memfasilitasi restrukturisasi Kepengurusan Gabungan Kelompok TaniDesa Pagersari. Hal ini dilakukan dalam kegiatan rembug tani yang diselenggarakan di Balai Desa Pagersari, hari Selasa 9 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB. 

Restrukturisasi kepengurusan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Pagersari dimaksudkan agar kegiatan Gapoktan lebih berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang baik bagi para pelaku usaha pertanian didesa Pagersari. Gapoktan Desa Pagersari mewadahi 7 Kelompok Tani yang ada di Desa Pagersari yang tersebar di 6 dusun.

Dalam sambutannya Kepala Desa Pagersari, Sri Mulyanto menekankan bahwa Gapoktan sangat diperlukan untuk mensukseskan program desa terutama dalam Program Ketahanan Pangan Desa Pagersari. Dengan adanya aturan Permenkeu tentang Dana desa, Desa harus menganggarkan 20 % Dana Desa untuk kegiatan ketahanan Pangan. Selain itu Desa Pagersari juga sedang merintis untuk menjadi Kampung Proklim, dimana juga menyangkut kegiatan di pertanian. Dengan koordinasi yang baik antara Pemerintah Desa dengan Gapoktan diharapkan agar semua kegiatan desa dapat berjalan dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat umum.

Sebelum pembentukan pengurus baru, Bapak Ahmadi, Ketua Gapoktan Periode yang lalu memberikan sambutan, dimana beliau menyampaikan bahwa kepengurusan yang lama kurang dapat berakselerasi karena kurangnya koordinasi dan pengurus yang sudah mulai tidak aktif. beliau menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dalam memimpin Gapoktan selama 12 tahun terakhir. selain itu beliau menekankan juga agar kedepan bisa lebih baik.

Dalam agenda rembug tani tersebut disepakati kepengurusan inti Gapoktan adalah Sebagai berikut :

Ketua : Bapak Agus Kamaludin, Dusun Tanggulangin

Wakil Ketua : Bapak Ahmadi, dusun Tapen

Sekretaris : Joko Triyanto, dusun Pongangan

Bendahara : Budi Purnomo, dusun Tapen

Selain itu juga diputuskan untuk segera merubah kepengurusan LKM PUAP yang mengelola dana untuk SImpan Pinjam Usaha Pertanian. Diharapkan akhir Bulan Agustus PUAP dapat menggelar RAT untuk melaporkan kondisi keuangan dan serah terima kepengurusan PUAP.